AFC Berikan Syarat Baru, Indonesia Sulit Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023?

By ommed


nusakini.com - Konfederasi sepakbola Asia (AFC) makin diburu waktu untuk mendapatkan tuan rumah putaran final Piala Asia 2023. Pagelaran turnamen tertinggi sepakbola benua kuning ini bisa saja digelar secara bersamaan oleh beberapa negara.

AFC pernah menggelar putaran final lebih dari satu negara pada 2007. Kala itu, Indonesia bersama Malaysia, Thailand, dan Vietnam menjadi tuan rumah. Ini menjadi satu-satunya pelaksanaan turnamen yang digelar di empat negara dalam sejarah turnamen.

Pengunduran diri Tiongkok sebagai tuan rumah tahun 2023 membuat AFC membuka opsi tersebut. Apalagi mencari pengganti Tiongkok tidak semudah membalikkan telapak tangan, mengingat waktu yang sangat mepet.

AFC awalnya membuka kesempatan kepada 48 anggotanya untuk menjadi tuan rumah. Namun mereka mini mulai membatasinya, yakni hanya 24 tim yang lolos ke putaran final mempunyai peluang paling besar.

Kepastian siapa yang berhak mengajukan diri menjadi tuan rumah akan ditentukan setelah pertandingan babak ketiga kualifikasi pada 8 hingga 14 Juni selesai. Artinya, Indonesia harus bisa melewati adangan Kuwait, Yordania, dan Nepal di Grup A jika ingin menjadi tuan rumah.

Sejauh ini, baru Jepang dan Korea Selatan yang menyatakan keseriusannya untuk menjadi tuan rumah tunggal. Penyelenggaraan Piala Asia 2023 memang menjadi jatah Asia Timur dan Asia Tenggara.


“Hanya tim yang lolos ke Piala Asia yang dapat mengajukan tawaran sebagai tuan rumah. Tuan rumah bersama juga diterima,” ungkap sekjen AFC Datuk Windsor Paul dikutip laman Stadium Astro.

“Tuan rumah bersama diperbolehkan, karena persiapan sangat pendek untuk menyediakan delapan sampai sepuluh stadion. Jadi jika ada negara yang ingin membuat tuan rumah bersama juga dipersilakan.”

Seperti diketahui AFC masih mencari 11 tim untuk menggenapi 24 negara yang bertarung. Enam pemuncak klasemen akhir dan lima runner-up terbaik dipastikan lolos ke putaran final.

Selain Jepang dan Korsel, negara lainnya yang sudah dipastikan lolos adalah Suriah, Qatar, Australia, Iran, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Tiongkok, Irak, Oman, Vietnam dan Lebanon. (gi/om)